Tips Agar Tetap Sehat Pasca Lebaran

sajian lebaranSaat lebaran, godaan luar biasa akan timbul pada nafsu makan kita karena berbagai makanan lezat dan menarik tersedia melimpah ruah di rumah. Lebaran identik dengan makanan yang melimpah, baik makanan berat maupun ringan seperti kue-kue kering dan minuman manis lainnya. Undangan silaturahmi pun menumpuk yang ujungnya diakhiri dengan pesta makan.

Tak jarang berbagai makanan itu justru memicu sakit karena dimakan dalam porsi yang tidak biasa dan sering kali mengandung banyak lemak. Lalu jangan sampai acara silaturahmi ke rumah rekan maupun saudara malah berakhir ke rumah sakit karena dalam satu minggu mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Menurut penelitian, setidaknya ada beberapa penyakit yang umumnya timbul pasca lebaran. Penyakit tersebut antara lain sebagai berikut :

1. Meningkatnya kadar kolesterol
2. Diabetes atau kadar gula dalam darah juga meningkat
3. Gangguan pencernaan seperti maag
4. Buang-buang air besar atau diare

Selain dari makanan itu sendiri, gangguan kesehatan juga disebabkan oleh pola makan yang salah. Gangguan pencernaan juga bisa menyerang akibat lupa memperhatikan faktor-faktor kebersihan pada makanan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat menikmati hidangan di hari lebaran untuk menghindari sakit pasca lebaran :

1. Perhatikan porsinya

Jangan jadikan lebaran sebagai ajang balas dendam setelah sebulan berpuasa. Tetaplah makan dengan porsi yang tidak terlalu banyak atau berlebihan.

2. Ingat Slogan “Berhenti Makan Sebelum Kenyang”

Secara normal tubuh memiliki pengaturan canggih ketika makan karena tubuh dapat melakukan proses pengolahan dan metabolismenya melibatkan berbagai kegiatan baik fisik, mekanik dan kimiawi termasuk keluarnya berbagai enzim dan hormon. Tubuh membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk memberitahu otak bila kita sudah kenyang. Rasa kenyang merupakan sinyal dari tubuh agar kita berhenti makan. Makan secara perlahan juga bisa membantu tubuh agar penyampaian sinyal lebih optimal.

3. Perhatikan cara pengolahan

Perhatikan cara mengolah makanan terutama makanan berlemak seperti daging untuk menghindari penyakit berbahaya seperti kolesterol. Sebaiknya pilih cara pengolahan yang bisa mengurangi dampaknya bagi tubuh, seperti lebih banyak direbus atau mengurangi penggunaan zat-zat penyedap tambahan.

4. Banyak minum air putih

Jika memang tidak bisa menolak hidangan yang telah disediakan si pemilik rumah, sebaiknya minumlah air putih setelah makan makanan yang mengandung lemak, jangan justru ditambah minuman manis apalagi bersoda. Ini akan menyulitkan penguraian lemak dalam tubuh.

5. Siagakan obat yang sudah sering dikonsumsi untuk penyakit Anda

Menikmati semua jenis hidangan tentu tidak bisa seluruhnya dilarang, tapi harus dipastikan Anda tahu risikonya. Jadi selalu seimbangkan dengan minum obat yang memang selalu dikonsumsi untuk mencegah kambuhnya penyakit yang diderita.

Itulah beberapa tips untuk tetap sehat pasca lebaran. Sangat disarankan agar pola hidup penuh pengendalian ini Anda lanjutkan setelah lebaran berlalu. Hasilnya tentulah kondisi tubuh yang senantiasa sehat, sehingga Anda dapat melakukan berbagai aktivitas dengan penuh semangat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: